Bergaul Dengan Allah

Bergaul Dengan Allah

By : Sekolah Minggu

(Kejadian 6 : 8-12)

“Sebentar lagi kita akan ujian akhir semester sekolah. Ayo, Vi, belajar yang giat supaya waktu ujian kita bisa menjawab soal-soal dengan benar! Ingat, jangan nyontek, loh,” kata Timtim kepada Vivi yang sedang asyik menonton televisi.

“Nggak mungkin Vivi mencontek. Vivi kan anak Tuhan. Vivi mau berusaha menjawab soal-soal dengan baik karena Vivi percaya Tuhan mau menolong,” jawab Vivi dengan yakin.

“Wah, itu bagus, Vi! Sebagai anak Tuhan kamu harus melakukan perbuatan yang benar, meskipun mungkin ada teman-temanmu yang akan membenci atau memusuhimu. Kamu harus tetap taat dan setia kepada Tuhan, seperti seorang tokoh yang akan Papa ceritakan dalam Firman Tuhan kali ini.

“Orang ini hidup di tengah-tengah teman-teman yang suka melakukan kejahatan. Tetapi, orang ini tidak mau ikut-ikutan berbuat jahat seperti teman-temannya,” kata Papa.

“Siapa orang yang Papa maksud?” tanya Timtim dan Vivi dengan rasa ingin tahu.

“Baiklah, mari kita siapkan Alkitab kita masing-masing. Ayo, Vi, sekarang matikan televisinya! Papa akan mulai menceritakan Firman Tuhan ini,” kata Papa.

“Ya, Pa. Saya sudah siap untuk mendengar Firman Tuhan. Ayat apa yang akan kita baca, Pa?” kata Vivi yang segera mematikan televisi dan siap membuka Alkitabnya.

“Kita akan membaca bersama-sama dari Kejadian 6:8-12,”,” kata Papa. Lalu mereka membacanya bersama-sama.

Setelah selesai membaca, Papa berkata, “Nah, anak-anak, orang yang Papa maksudkan tadi adalah Nuh.”

“Oooh, Nuh,” sela Timtim dan Vivi bersamaan.

“Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN. Artinya, TUHAN telah memilih Nuh untuk diselamatkan dari hukuman yang Allah berikan kepada manusia yang telah berbuat dosa terhadap-Nya.

“Nuh mendapat kasih karunia Allah sehingga Nuh dapat hidup sesuai dengan kehendak Allah dan menjadi orang benar. Karena itu, pada waktu manusia cenderung melakukan hal yang jahat dan kejahatan makin bertambah besar di bumi, Nuh tidak ikut-ikutan berbuat jahat.

“Dia tidak tergoda untuk melakukan hal yang jahat di mata Tuhan. Ketika manusia berdosa sibuk mencari kesenangan sendiri dan tidak lagi menyembah Tuhan, Nuh dan keluarganya tetap setia beribadah kepada-Nya.

“Karena itu, di ayat 9 dikatakan bahwa Nuh adalah orang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya. Nuh hidup bergaul dengan Allah,” kata Papa.

“Pa, apa maksudnya hidup bergaul dengan Allah?” tanya Vivi.

“Maksudnya Nuh memisahkan diri dari kejahatan orang-orang yang hidup di zamannya. Ia tidak mau mengikuti kejahatan yang dilakukan oleh teman-temannya. Sebaliknya, Nuh mengikuti perintah Tuhan dan taat pada Tuhan.”

Bagaimana cara bergaul dengan Allah, Pa?” tanya Timtim.

“Caranya adalah mendengar Firman Tuhan dan membacanya. Dengan begitu, Firman Tuhan akan tertanam di dalam hati. Kalau firman Tuhan ada di dalam hati kita, kita pasti akan melakukan perbuatan yang benar.

“Inilah yang membuat Nuh dapat hidup taat pada perintah Tuhan dan berani melakukan hal yang benar dan tidak meninggalkan Tuhan,” kata Papa.

“Nah, anak-anak, walaupun sekarang ini kalian sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester, kalian harus tetap bergaul akrab dengan Tuhan. Janganlah melupakan Tuhan dan meninggalkan Tuhan.

“Kalian harus tetap melakukan saat teduh, ke sekolah minggu untuk beribadah kepada Tuhan. Janganlah kesibukan belajar kalian dijadikan alasan untuk tidak beribadah kepada Tuhan dan menjauhkan diri dari Tuhan.

“Kalian harus tekun berdoa agar hati kalian dapat melakukan perbuatan yang benar di hadapan Allah. Jika ada perbuatan teman-temanmu yang tidak baik seperti mencontek, memukul, mengejek, dan sebagainya, janganlah kamu ikuti perbuatan mereka karena semua itu akan membuat Tuhan sedih,” kata Papa dan Mama mengingatkan.

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.