Didikan Orang Tua

By Sekolah Minggu

Amsal 13:24

Ketika kita nakal atau malas belajar, orang tua kita yang menyayangi kita akan menegur kita dengan tegas. Maksudnya adalah untuk mendidik kita dari kecil. Tetapi perkataan-perkataan yang tegas dari orang tua kita tidak enak terdengar di telinga, bukan?

Kita ingin orang tua kita hanya mengatakan hal-hal yang kita sukai dan sebaiknya tidak pernah menegur kita.. Bahkan kalau bisa kita ingin mereka mengizinkan dan mengabulkan semua permintaan kita: boleh tidak tidur siang atau boleh tidak makan sayur yang tidak kita sukai. Kalau Sabtu malam keasyikan nonton TV sehingga kurang tidur, maka esoknya kita boleh tidak ke gereja. Alangkah indahnya jika orang tua kita membiarkan kita tetap tidur. Tidak, semua ini salah.

Kalau semua hal di atas terjadi, maka sebenarnya kita berada dalam bahaya. Kalau semua keinginan kita dituruti, justru itulah awal kehancuran kita. Karena sebenarnya pengetahuan kita masih sangat terbatas, dan pengalaman kita masih sangat sedikit. Supaya kita jangan berada dalam keadaan bahaya, orang tua kita yang baik akan berusaha mencegahnya. Mereka akan menegur dengan tegas jika kita berbuat salah.

Bersyukurlah kepada Allah jika orang tuamu mendidikmu dengan ketat dan tegas. Karena dari situ engkau boleh belajar bagaimana bertanggung jawab kepada Allah yang telah memberikan hidup kepadamu.

Di Renungkan

Apa yang terjadi apda orang tua yang membiarkan anaknya melakukan kesalahan sesukanya? Allah menegur orang tua itu dengan keras. Mari kita baca 1 Samuel 2:29.

Doa

Bapa di surga, terima kasih untuk orang tua saya yang sudah mendidik saya dengan ketat dan tegas, khususnya ketika saya nakal. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Beberapa hari ini mari kita hafalkan ayat-ayat hikmat dari Alkitab agar kita dapat terus mengingatnya. Hafalkanlah Amsal 13:24.

Artikel yang berhubungan :

  • Perkataan-perkataan Hikmat
  • Semua Hanya Sementara
  • Segala Sesuatu Ada Waktunya
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.