Dunia Yang Tak Terlihat

Dunia Yang Tak Terlihat

by : Sekolah Minggu

Setiap kali selesai menciptakan sesuatu, Allah melihat yang diciptakan-Nya itu adalah BAIK.

“Allah melihat bahwa semuanya itu baik.” Kejadian 1:18b

Dapatkah kamu melihat yang tidak terlihat? Di sekitar kita ada yang disebut “dunia yang tak terlihat.” Dunia seperti apakah itu? Itu adalah hewan atau tumbuhan yang terlalu kecil untuk dilihat oleh mata biasa.

Contohnya adalah mikroba dan bakteri. Akan tetapi alat elektronik seperti mikroskop dapat membuat makhluk-makhluk itu terlihat lebih besar sampai ribuan kali lipat.

Dunia yang bahkan tidak mampu terlihat oleh mata kita itu adalah ciptaan Tuhan juga. Dari yang sangat besar seperti paus dan gajah, Tuhan juga menciptakan yang sangat kecil seperti mikroba dan bakteri itu. Jangan bayangkan bentuk makhluk-makhluk dari dunia tak terlihat itu seperti paus atau gajah, lo. Mereka sangat berbeda.

Mereka sangat berguna.

Mengapa roti bisa mengembang? Itu karena bantuan dari sejenis tumbuhan yang disebut ragi. Mengapa kedelai bisa menjadi tempe? Tempe yang enak dibuat dari kedelai dengan bantuan jamur tertentu. Keju dan yoghurt yang lezat dibuat dari susu dengan bantuan bakteri khusus.

Sampah daun-daunan atau bagian dari tanaman yang mati juga hewan-hewan yang mati disebut sampah organik. Sampah organik diuraikan oleh mikroba atau bakteri. Bagaimana caranya? Mula-mula cacing-cacing dan serangga-serangga kecil yang ada di tanah mengunyah dan mencerna sampah itu di dalam tubuh mereka, sisanya dikeluarkan. Kemudian oleh mikroba atau bakteri, sisa-sisa itu dirubah menjadi gas dan cairan, sehingga tidak ada yang trsisa. Jika tidak ada bantuan dari mereka, mungkin sekali bumi ini sudah penuh dengan sampah organik.

Mengapa ada yang berbahaya?

Alkitab mengatakan bahwa semua yang Tuhan ciptakan itu baik. Tetapi mengapa ada makhluk-makhluk berbahaya dari dunia yang tak terlihat, seperti virus, bakteri, jamur, parasit, dan mikroba yang menyebabkan penyakit? Tubuh kita bisa menjadi demam. Seseorang bisa terkena penyakit batuk, pilek, dan penyakit-penyakit lainnya.

Mungkin kamu ingat apa yang terjadi setelah Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa. Kematian tidak bisa dihindari, baik mati secara rohani maupun secara fisik. Mati secara rohani artinya hubungan dengan Allah terputus. Mati secara fisik artinya tubuh kita akan menjadi tua, sakit, dan akhirnya mati. Itulah akibat dari dosa. Dosa mengakibatkan semua penderitaan. Bisakah kamu mengerti mengapa Allah sangat membenci dosa?

Semua kebaikan dari Tuhan

Alkitab tidak pernah salah. Semua ciptaan Tuhan adalah baik. Bahkan dari keadaan dunia yang sudah rusak ini, Tuhan memunculkan kebaikan. Ada orang-orang yang Tuhan beri anugerah kepandaian yang khusus. Mereka dapat menemukan mikroskop sehingga dapat mengenali sumber-sumber penyakit yang berbahaya, seperti virus, parasit, atau bakteri jahat. Ada orang-orang yang dapat menemukan cara-cara untuk mengobati berbagai penyakit. Kita perlu tahu bahwa Tuhan selalu mengusahakan yang baik untuk untuk manusia.

Artikel Bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Sekolah Minggu, Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.