Jangan Mencuri

Jangan Mencuri

by : Sekolah Minggu

Mencuri apa?

Waktu membaca kata “mencuri,” apa yang pertama kali muncul dalam pikiranmu? Buasanya yang langsung terpikir adalah tentang mencuri ayam, mencuri motor, mencopet, merampok bank, dan lain-lain yang sejenis itu. Kita berpikir yang dicuri biasanya adalah benda-benda. Benar tidak? Namun, ketika Tuhan berkata “Jangan mencuri,” larangan mencuri itu berlaku untuk beberapa hal lain juga, lebih dari sekedar mencuri benda-benda saja.

Hal lain yang termasuk mencuri

Bila kita ingin mendapatkan sesuatu, sudah sewajarnya ada usaha yang perlu kita lakukan. Misalnya, untuk mendapatkan uang harus bekerja; untuk mendapatkan nilai yang baik harus belajar. Menginginkan segala sesuatu dengan cuma-cuma atau gratis dan tanpa usaha bukanlah tabiat yang baik, tabiat itu serupa dengan pencuri.

Memboroskan waktu dan tidak menggunakannya dengan baik berarti mencuri waktu. Saat harus mengerjakan tugas malah tidur, saat harus membuat PR malah jalan-jalan ke mal atau nonton TV. Ini bukan sikap yang bertanggung jawab.

Sifat boros juga disamakan dengan mencuri. Uang, air, listrik, makanan, harus dihargai dan dimanfaatkan dengan baik. Jika kita memboroskan hal-hal tersebut, kita bukan hanya bersalah kepada sesama yang kekurangan, tetapi kita juga mengabaikan perintah Tuhan untuk memelihara bumi.

Jangan mencuri!

“Jangan mencuri!” perintah Tuhan. Itu berarti kita harus jujur, bertanggung jawab, dan menghargai apa yang harus dihargai. Waktu kita jujur, kita tidak akan mengambil barang milik orang lain. Ketika kita bertanggung jawab, kita akan bekerja dengan benar dan tidak semau kita sendiri. Ketika kita menghargai milik orang lain, kita akan menggunakannya dengan hati-hati. Marilah kita membiasakan diri bersikap demikian, karena kita mau taat pada Bapa kita yang di surga. 

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.