Kasih Setia Allah

By Sekolah Minggu

Mazmur 136:1-26

Mazmur 136 merupakan puji-pujian kepada Allah. Mazmur ini dilagukan secara bersahut-sahutan di dalam ibadah kepada Allah. Pada setiap ayat ada bagian yang ditulis agak masuk ke dalam. Bagian yang masuk itu terus diulang dan biasanya dilagukan oleh jemaat yang hadir dalam ibadah.

Apakah tujuan dari Mazmur 136 ini? Mazmur ini sangat baik untuk mengajar umat Allah bersyukur kepada Allah. Alasan kita bersyukur pertama-tama adalah karena kita mengenal siapa Allah itu, bukan karena kita mendapatkan sesuatu dari Allah. Kita diajar untuk bersyukur kepada Allah akrena Allah itu baik. Bacalah ayat 1-3.

Ayat 4-9 mengajar kita untuk bersyukur melihat semua karya penciptaan Allah yang melampaui semua kebijaksanaan manusia. Allah menjadikan semua ciptaannya dengan baik.

Ayat 10-25 mengajar kita untuk bersyukur karena karya penyelamatan Allah. Saat itu Israel sudah dibebaskan atau diselamatkan dari perbudakan orang Mesir dan sedang menuju Tanah Perjanjian. Selama perjalanan mereka mengalahkan banyak raja.

Allah menyediakan keselamatan bagi kita juga. Keselamatan itu adalah kebebasan dari perbudakan dosa. Karya penyelamatan ini digenapi oleh Tuhan Yesus. Tuhan Yesus menjadi manusia dan mati untuk menggantikan hukuman dosa kita, sehingga kita bisa dibebaskan dari perbudakan dosa. Alangkah besarnya kasih Allah. “Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.”

Di Renungkan

Bacalah ayat 26. Ayat ini menutup seluruh Mazmur 136 dengan mengatakan bahwa penciptaan, penyelamatan, dan pemeliharaan adalah karya Allah. Maka, dalam hal apa pun juga bersyukurlah kepada-Nya.

Doa

Bapa di surga, terima kasih sudah menciptakan saya dan memimpin hidup saya yang masih muda ini untuk mengenal Tuhan Yesus Kristus, Juruselamat saya. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Maukah engkau bersyukur untuk setiap hal yang Allah sediakan? Bersyukurlah untuk makanan sehari-hari yang disediakan orang tuamu karena Allah memelihara hidupmu. Ketika orang tuamu mengingatkanmu untuk rajin belajar, bersyukurlah karena engkau diberi kesempatan menuntut ilmu. Ketika hari Sabtu malam harus segera tidur, bersyukurlah karena keesokan harinya, hari Minggu, engkau masih bisa ke gereja mendengarkan firman Tuhan.

  • Nyanyian Syukur Atas Pertolongan Tuhan
  • Haleluya
  • Allah Sumber Hikmat
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.