MENGENAL PENYAKIT DEMAM BERDARAH

MENGENAL PENYAKIT DEMAM BERDARAH

By : Sekolah Minggu

Oleh        : Dr Diana Samara

Illustrasi : Kak Heru

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang hidup di dalam nyamuk Aedes aegypti. Ketika nyamuk yang mengandung virus ini menggigit seseorang, maka virus itu berpindah ke dalam darah orang itu. Bila kondisi tubuhnya kurang baik (daya tahan tubuh sedang melemah), maka virus tersebut akan berkembang biak di dalam darahnya dan akhirnya menimbulkan penyakit demam berdarah.

Gejala penyakit demam berdarah adalah panas tinggi mendadak antara 38 1/2 dan bisa sampai 40-41 derajat celcius, sakit kepala, tulang ngilu, bisa mual, dan muntah.

Media yang membuat nyamuk Aedes aegypti berkembang biak adalah air tergenang; misalnya: air pot bunga, bak kamar mandi, kaleng-kaleng kosong yang kemasukan air hujan atau air siraman, gentong, dan sebagainya. Itu sebabnya penyakit demam berdarah makin meningkat di musim hujan dan pancaroba (pergantian musim).

Untuk menghindari mewabahnya penyakit demam berdarah, maka sebaiknya menguras bak kamar mandi atau wadah untuk tampungan air satu minggu sekali, kaleng-kaleng atau wadah-wadah yang tidak terpakai agar dikubur. Yang terpenting dari semua itu adalah jagalah kebersihan lingkungan.

Posted in Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.