Nyanyian Syukur Atas Pertolongan Tuhan

By Sekolah Minggu

Mazmur 138:1-8

Apakah arti doa bagimu? Seringkali berdoa menjadi kesempatan kita memohon pertolongan Tuhan. Itu benar, tetapi tentu saja doa-doa kita tidak semuanya berupa permintaan, ‘kan?

Mazmur 138 ini mengajarkan kita bahwa doa itu ada hubungannya dengan memuliakan Allah. Banyak kebaikan yang Tuhan lakukan bagi kita. Kebaikan itu bisa kita beritahukan atau saksikan kepada orang-orang lain. Itulah salah satu cara kita bersyukur kepada Allah.

Suatu suku di India tidak mengenal kata “terima kasih.” Jika mereka merasa berterima kasih, mereka akan mengatakan, “Akan kuberitahukan namamu kepada orang lain.” Mungkin rasa syukur kita kepada Allah kita ucapkan di dalam doa-doa pribadi kita. Tetapi, sudahkah kita juga menceritakan tentang Allah kepada orang lain sebagai tanda bersyukur? Sudahkah kita bersaksi bagi Allah? Sudahkah kita menceritakan kebaikan-Nya kepada orang lain supaya mereka juga mengenal Allah kita?

Kita berdoa bukan hanya sampai yang kita doakan itu terkabul. Doa seharusnya dilakukan terus menerus, satu doa disambung dengan doa yang lain. Ini mengajarkan kita untuk senantiasa bergantung penuh kepada Allah. Janganlah kita berdoa hanya kalau sedang ada kebutuhan, lalu setelah permohonan kita dikabulkan kita malas berdoa. Hal itu membuat Allah sangat tidak senang.

Di Renungkan

Mazmur 138 ditutup dengan doa Daud kepada Allah. Ini menunjukkan bahwa Daud selalu bergantung kepada Allah (ay.7-8).

Doa

Bapa di surga, saya sudah belajar bahwa doa bukanlah sekedar untuk mendapatkan sesuatu dari Engkau. Doa seharusnya menjadi ungkapan ketergantungan saya kepada-Mu. Ajarkanlah saya berdoa dengan benar. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Selain bersyukur dalam doa, nyatakanlah ucapan syukurmu kepada Tuhan dengan cara menceritakan kepada orang lain semua kebaikan Tuhan yang engkau alami. Mulailah dari rumahmu terlebih dahulu. Beritahukanlah kebaikan Allah yang engkau alami kepada orang tuamu, kakak/adikmu. Maukah engkau?

Artikel yang berhubungan :

  • Haleluya
  • Allah Sumber Hikmat
  • Sikap Yang Ber’hikmat’
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.