Allahku Jadi Benteng Kukuh

Allahku Jadi Benteng Kukuh

by : Sekolah Minggu

A Mighty Fortress is Our God (Allahku Jadi Benteng Kukuh)                                                          Battle Hymn of the Reformation

Tahun 1529 merupakan tahun yang sulit dan gelap bagi Martin Luther. Kesakitan, kekecewaan, dan bahaya meliputi dirinya. Namun, saat-saat itu sekaligus merupakan saat-saat yang penting di dalam hidupnya.

Dua belas tahun sebelumnya Martin Luther telah memakukan 95 tesis (komentar) di depan pintu katedral di Wittenberg, Jerman. Isi tesis itu melawan kesalahan gereja Katolik saat itu. Salah satu dari tesis itu merupakan kecaman tentang penjualan surat untuk masuk surga. Pada waktu itu gereja akan membangun gereja St. Peter di Roma dan menjual surat untuk masuk ke surga sebagai usaha untuk mendapatkan uang.

Apa yang dilakukan Luther itu menyalakan api reformasi. Reformasi adalah perubahan secara drastis untuk perbaikan-perbaikan di bidang sosial, politik, atau agama di dalam suatu masyarakat atau negara. Martin Luther melakukan reformasi di bidang agama. Dia berusaha mengembalikan ajaran gereja yang telah salah itu kepada ajaran yang didasarkan pada Alkitab yang berkuasa yang dibenarkan oleh iman dan persekutuan orang percaya. Karena hal itulah Luther dikucilkan.

Di dalam kesusahan hatinya, Luther mengarahkan dirinya kepada musik dan Alkitab. Di dalam masa depresi yang berat dia membuka Mazmur 46, dan membacanya berulang-ulang. Ayat pertama dari Mazmur 46 memberikan kekuatan sekaligus inspirasi bagi Luther. Maka, terciptalah lagu A Mighty Fortress is Our God. Lagu ini menjadi lagu yang mewakili reformasi.

Selain menulis hymn Allahku Jadi Benteng Kukuh, ia juga menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa yang dimengerti oleh masyarakat, dan memperbaiki ibadah dalam gereja. Dia bahkan mengijinkan wanita untuk bernyanyi di hadapan umum yang sebelumnya tidak diperbolehkan selama beratus-ratus tahun.

Pertanyaan:    

a. Di manakah 95 tesis Martin Luther dipakukan?

b. Apakah salah satu kesalahan gereja Katolik waktu itu?

c. Bagian Alkitab manakah yang memberikan Martin Luther inspirasi untuk membuat lagu hymn ‘A Mighty Fortress is Our God’?                           

 

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.