WILLIAM CHALMERS BURNS

WILLIAM CHALMERS BURNS

by : Sekolah Minggu

(1 April 1815 – 4 April 1868)

Perhatikan baik-baik pria yang berpakaian tradisional Cina pada gambar di atas. Apakah dia orang Cina? Rupanya dia adalah orang barat yang memakai pakaian tradisional Cina. Dia adalah William Chalmers Burns, seorang penginjil Skotlandia yang menjadi misionaris di Cina.

William Burns mendapatkan panggilan untuk melayani ketika dia mengikuti sebuah kebaktian kebangunan rohani. Dia masih berumur 17 tahun ketika masuk ke sekolah teologi. Dia belajar di Marischal Collage di Aberdeen, Skotlandia, kemudian melanjutkan belajarnya di Universitas Glasgow. Pada tahun 1839 saat berumur 24 tahun William Burns mulai berkhotbah.

Pada tahun 1847, William Burns meninggalkan Skotlandia pergi menuju Cina melalui Hongkong. Pada saat itu kerajaan yang berkuasa di Cina adalah kerajaan Qing. Burns kemudian berkhotbah memberitakan Injil di beberapa tempat seperti Shantou, Xiamen, dan Beijing.

Pada tahun 1855 dia bertemu dengan Hudson Taylor, misionaris Inggris yang melayani di Cina juga. Hudson Taylor menganggap William Burns sebagai salah satu teladan rohaninya. Dia sangat mengagumi kehidupan doa Burns. Sementara itu Burns mendapatkan pengaruh dari Hudson Taylor mengenai cara berpakaian yang sesuai dengan kehidupan orang Cina supaya dapat diterima dengan baik oleh orang-orang Cina. Burns melayani di Cina selama 20 tahun, dan sempat dipenjara di Guangzhou.

Burns meninggal dunia di Yingkou pada tahun 1868 karena sakit. Salah satu kutipan Burns yang terkenal adalah “Siap Sedia Setiap Saat” yang didasarkan pada 1 Petrus 3:15.

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.