DI BUKIT GOLGOTA

DI BUKIT GOLGOTA

by : Sekolah Minggu

 

Di Bukit Golgota (The Old Rugged Cross)

Lagu ini ditulis oleh George Bennard pada tahun 1913. Lagu ini menjadi salah satu lagu Kristen yang paling terkenal. George Bennard dilahirkan di Youngstown, Ohio, tetapi tidak lama kemudian pindah ke kota yang lain bersama dengan orang tuanya. George Bennard menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya ketika ia masih muda. Setelah kematian ayahnya, waktu itu George belum berumur 16 tahun, ia terlibat dalam pelayanan Bala Keselamatan. Setelah waktu yang cukup lama melayani, Bennard ditahbiskan oleh Gereja Episkopal Methodist. Pelayanannya menjadi berkat dan dia sangat dihormati. Ia juga terlibat dalam pelayanan KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani) di beberapa tempat seperti Michigan dan New York. Mengenai lagu ini, ia menuliskan: Inspirasi itu datang kepadaku suatu hari di tahun 1913, ketika aku sedang tinggal di Albion, Michigan. Aku mulai menulis “Di Bukit Golgota”. Aku menggubah melodinya dulu. Kata-kata yang kutulis pertama kali tidak sempurna. Kata-kata dari lagu yang sudah selesai masuk dalam hatiku sebagai jawaban atas keperluanku sendiri. Sesaat setelah itu, lagu ini diperkenalkan pada pertemuan-pertemuan khusus di Pokagon, Michigan, apda 7 juni 1913. Acara pertama di mana lagu ini diperdengarkan di luar gereja di Pokagon adalah di Chicago Evangelistic Institute. Di sana lagu ini diperkenalkan kepada sebuah konvensi besar dan segera menjadi sangat populer di seluruh negara.

Tidak lama setelah menulis lagu ini, George Bennard mengirim sebuah salinan lagu ini kepada Charles Gabriel, salah satu komposer Kristen yang terkenal saat itu. Charles Gabriel menyatakan bahwa lagu itu akan disukai banyak orang.

Bennard melanjutkan pelayanan penginjilannya selama empat puluh tahuns etelah penulisan lagu ini. Ia menulis beberapa lagu Kristen yang lain tapi yang sangat terkenal adalah lagu “Di Bukit Golgota”. Pada 9 Oktober 1958, Ia meninggal. Di Michigan terdapat salib setinggi dua belas kaki (3,6 meter) dengan kata-kata: “The Old Rugged Cross” (Di Bukit Golgota) – Rumah George Bennard, komposer dari lagu tercinta ini.

Dalam 1 Petrus 2:24 dikatakan : “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-NYa kamu telah sembuh.”

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.