Doa Nehemia

By Sekolah Minggu

Nehemia 1:1-11

Sekarang kita membaca kitab Nehemia. Nehemia sedang berada di negeri pembuangan. Raja yang memerintah saaat itu adalah Raja Artahsasta. Nehemia adalah seorang juru minuman raja.

Juru minuman adalah jabatan yang sangat penting. Juru minuman memastikan apakah minuman yang diberikan kepada raja benar-benar baik atau beracun. Mungkin sekali ada orang yang sengaja menaruh racun dalam minuman raja untuk membunuhnya. Maka, seorang juru minuman adalah orang kepercayaan sang raja.

Ketika itu Nehemia mendapat kunjungan dari saudaranya yang datang dari Yerusalem. Nehemia mendapat kabar bahwa tembok kota Yerusalem hancur dan pintu-pintu gerbangnya terbakar. Zaman dahulu sebuah kota biasanya dikelilingi oleh tembok kota. Tembok kota merupakan pertahanan keamanan kota itu. Jikalau tembok kota hancur, maka kota itu berada dalam bahaya karena bisa dengan mudah diserang musuh.

Berita itu membuat Nehemia sangat sedih. Walaupun Nehemia memiliki jabatan tinggi dan hidup yang enak, tetapi ia bersedih karena keadaan Yerusalem. Nehemia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi ia sangat peduli dan memikirkan pekerjaan Allah dan umat Allah yang lain.

Bagaimana dengan kita? Ketika hidup kita baik-baik saja, masihkah kita mengingat orang-orang yang dalam kesusahan? Ingatkah kita pada orang-orang yang belum percaya Tuhan Yesus? Maukah engkau mendoakanmereka?

Di Renungkan

Apakah yang dilakukan Nehemia ketika mendengar kabar tentang Yerusalem? (ay.4-6)

Doa

Bapa di surga, saya mohon Tuhan memberikan saya hati yang suka berdoa bagi orang lain, baik orang yang saya kenal maupun yang belum saya kenal. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Marilah kita mendoakan orang lain, bukan hanya keluarga kita dan sekolah kita, tetapi juga mendoakan orang lain yang bukan keluarga kita. Doakanlah mereka yang dalam kesulitan dan yang belum percaya kepada Tuhan Yesus. Maukah engkau?

Artikel yang berhubungan :

  • Nehemia Ke Yerusalem
  • Tekad dan Rencana Nehemia
  • Tantangan Dalam Pekerjaan Allah
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.