Hari Raya Purin

By Sekolah Minggu

Ester 9:20-32

Pada akhir kitab Ester yang singkat ini kita membaca bahwa Mordekhai diangkat menjadi seorang pejabat penting. Allah telah memelihara bangsa Israel melalui Ester dan Mordekhai.

Seluruh kejadian penyelamatan Allah itu diingat bangsa Israel turun-temurun dengan menetapkan suatu hari perayaan. Perayaan yang ditetapkan itu adalah hari raya Purim. Hari raya Purim menyatakan dua hal.

Pertama, hari itu adalah hari sukacita karena perkabungan sudah diganti dengan sukacita. Allah menyelamatkan umat-Nya dari rencana pembunuhan Haman. Pada hari itu setiap orang Israel harus mengantarkan makanan dengan memberikan sedekah kepada orang miskin.

Kedua, pada hari itu mereka harus mengingat bagaimana mereka sungguh-sungguh berdoa dan berpuasa memohon pertolongan Allah sebelum kelepasan tiba.

Penetapan sebuah hari raya seperti hari raya Purim adalah baik. Pada hari raya itu pekerjaan Allah melalui peristiwa-peristiwa yang dialami bangsa Israel akan terus diingat turun-temurun. Dengan demikian mereka akan selalu punya alasan untuk bersyukur kepada Allah.

Ada hari-hari yang amat penting yang tertulis dalam Alkitab. Hari kelahiran Tuhan Yesus mengingatkan kita bahwa Allah rela menjadi manusia. Hari kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus juga harus selalu diingat. Hari-hari itu adalah hari-hari bersejarah dalam iman kita.

Di Renungkan

Kapankah orang Israel merayakan hari raya Purim? (ay.21)

Doa

Bapa di surga, terima kasih atas pertolongan Tuhan selama ini. Kiranya saya boleh belajar mengingatnya dan menceritakannya kepada orang lain. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Mulai sekarang maukah engkau belajar menceritakan kepada orang lain setiap pertolongan Tuhan yang engkau terima?

Artikel yang berhubungan :

  • Ayub Diuji Allah (1)
  • Ayub Diuji Allah (2)
  • Ayub Diuji Allah (3)
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.