Ingatlah Penciptamu

By Sekolah Minggu

Pengkhotbah 12:1-8

Di akhir tulisannya penulis kitab Pengkhotbah memberikan satu nasehat yang sangat penting: “Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu….”

Kata “ingat” bukan berarti untuk diingat sebentar lalu dilupakan. Tetapi, maksudnya adalah menyimpannya dalam pikiran kita. Segala jerih payah dan semua yang kita kerjakan haruslah selalu dicocokkan dengan keinginan Allah. Hanya dengan begitu segala jerih payah dan kerja kita tidak menjadi sia-sia.

Kita masing-masing diciptakan Allah dengan suatu tugas panggilan dalam dunia ini. Tugas panggilan itu harus kita cari dengan hati yang setia kepada Allah dan mengikuti perintah-perintah-Nya. Hanya dengan demikian kita dapat menemukan pimpinan Tuhan dalam hidup kita.

Waktu hidup kita terbatas. Karena itu penting sekali untuk mengenal Allah sejak masih muda. Janganlah pernah berpikir untuk menunda-nunda mengikuti Tuhan sampai engkau sudah dewasa atau bahkan sudah tua. Pengkhotbah mengatakan, ketika tua berarti waktu kita sudah tidak banyak lagi dan kekuatan kita sudah menurun. Ini berarti kita sudah terlambat. Maka, “Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu.”

Maukah engkau dari muda mempersembahkan hidupmu yang masih sehat kepada Allah, memberikan yang terbaik kepada-Nya? Allah sungguh-sungguh mengasihimu. Ia sudah menebus dosa-dosamu. Rajin-rajinlah membaca Alkitab dan buku pelajaran sekolah, sebelum matamu menjadi rabun dan sulit membaca. Bersyukurlah akan semua makanan yang disediakan orang tuamu, sebelum engkau sulit mengunyah makanan. Mari kita berikan yang terbaik kepada Allah sejak kita muda. Puji Tuhan!

Di Renungkan

Bacalah kembali ayat 8. Di ayat itu Pengkhotbah mengingatkan kembali hidup manusia ini sementara (dalam kalimat ini kata sia-sia = sementara).

Doa

Bapa di surga, terima kasih karena saya masih diberikan kekuatan dan kesempatan. Saya mau menyerahkan masa muda saya di dalam tangan Tuhan. Pimpinlah hidup saya, Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Setiap pagi, ketika engkau bangun tidur janganlah bermalas-malasan dan mengulur-ngulur waktu. Ingatlah bahwa hari ini adalah waktu yang masih Allah berikan kepadamu. Segeralah berdoa bersyukur kepada Allah, lalu segera mandi dan lakukan tugasmu. Bisa?

Artikel yang berhubungan :

  • Peringatan Kepada Israel
  • Bertobatlah
  • Panggilan Yesaya
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.