Kristus Bangkit

Kristus Bangkit

by : Sekolah Minggu

Kristus Bangkit. Penulis lagu dan musik : Robert Lowry, 1826-1899

Robert Lowry lahir pada 12 Maret 1826 di Philadelphia, Amerika Serikat. Pada umur 17 tahun ia bertobat dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Lowry kuliah di Universitas Bucknell dan lulus pada tahun 1854. Pada tahun 1869-1875 dia mengajar sastra di universitas tersebut dan menyelesaikan program S3 di universitas yang sama.

Dia juga melayani di gereja di Philadelphia. Kemudian dia melayani di gereja yang ada di New Jersey, New York City, dan Brooklyn. Dia terus aktif dalam pelayanan di gereja sampai berusia 73 tahun. Dia terlibat dalam pelayanan khotbah dan musik. Dia dikenal sebagai seorang yang mengerti Alkitab dan mempunyai kemampuan musik yang baik.

Walaupun dia menulis banyak teks lagu dan musiknya, pelayanannya yang utama adalah menyampaikan firman Tuhan dalam khotbah. Pada tahun 1868 dia menjabat sebagai editor musik di salah satu penerbit buku musik Kristen.

Robert Lowry mempunyai beberapa pandangan mengenai musik Kristen. Dia mengatakan: “Penulisan lagu kristen haruslah dari hati nurani seorang kristen yang paling dalam, yang juga dialami oleh orang tersebut, dan ditulis dengan kata-kata yang kuat dan penuh inspirasi.”

Lowry juga lebih menekankan pada teks yang berisikan injil dan musik yang mudah dinyanyikan. Selain itu dia mengatakan: “Aku tidak punya metode tertentu. Kadang-kadang musik itu datang dengan diikuti kata-kata. … ketika perasaanku tersentuh oleh musik atau pun kata-kata entah itu di rumah atau pun di jalanan, aku langsung menulis sebuah lagu…. musik selalu ada dalam pikiranku setiap waktu. AkuĀ  menuliskan nada-nada dulu lalu mencobanya di organ. Seringkali, kata-kata dan melodi dari suatu lagu kutuliskan pada saat bersamaan.”

Lagu “Kristus Bangkit” ditulis berdasarkan Lukas 24:6-8: “Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga. Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu”. Ini adalah peristiwa kebangkitan Kristus. Kristus sudah mengalahkan maut. Dia menang dan bangkit.

 

Artikel bersumber dari : Kenneth W. Osbeck, 101 more hymn stories

 

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.