Nyamuk

Nyamuk

by : Sekolah Minggu

     517d4a2a68a2d_517d4a2a699cc   Ngiiing… ngiiing. Suara apa itu? Pemilik suara itu adalah hewan yang sangat kecil. Suaranya sangat kuat dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Itulah keistimewaan yang Tuhan berikan kepada nyamuk, hewan kecil itu. Masih ada keistimewaannya yang lain, loh.

Nyamuk itu seperti pesawat tempur. Tuhan memberikan kepada nyamuk alat pelacak panas. Nyamuk bisa tahu adanya hewan atau manusia berdasarkan panas tubuh mereka. Sekalipun dari jarak yang sangat jauh dan pada malam hari nyamuk bisa menemukan manusia atau hewan itu. Hebat, bukan?

Nyamuk juga memiliki alat pelacak bau. Itulah sebabnya nyamuk menghindari tanaman yang berbau menyengat seperti lavender atau kantung semar.

Sebagai ciptaan-Nya, Tuhan juga memakai nyamuk menjadi alat-Nya. Di dalam Alkitab ada ceritanya, loh. Tahukah kamu ada di kitab apa cerita itu? Itu loh, Keluaran 8:16-19. Ketika itu Raja Firaun tidak mengizinkan orang Israel meninggalkan Mesir. Padahal Tuhan menyuruhnya untuk melepaskan orang Israel. Namun Firaun bandel. Jadi, Tuhan memberikan hukuman, yang salah satunya adalah hama nyamuk. Tuhan membuat nyamuk memenuhi seluruh tanah Mesir setelah Harun memukulkan tongkatnya ke debu tanah. Waaah, terbayang kan betapa sulitnya menghadapi nyamuk yang sedemikian banyak?

Nyamuk bisa terbang 1,5 sampai 2,5 kilometer per jam. Kira-kira ada 2.700 jenis nyamuk di dunia ini. Berat nyamuk hanya 2-2,5 mg. Sayapnya dua buah . Berapa jumlah kakinya, ya? Periksa jawabanmu pada akhir artikel ini.

Nyamuk betina menaruh telurnya di tempat yang lembab atau berair, misalnya di selokan. Di bawah perutnya ada alat reseptor untuk mencari tempat yang cocok untuk menaruh telur-telurnya. Telur-telur itu tersusun memanjang seperti rakit, bisa sampai 300 butir banyaknya. Kalau telur-telur itu tidak terangkai,akan tenggelam. Warnanya putih, tetapi dalam waktu beberapa jam berubah menjadi hitam. Dengan demikian telur tersamar dengan air selokan. Dan musuh yang suka memakan telur nyamuk tidak memperhatikannya.

Telur-telur nyamuk akan menetas menjadi Larva atau jentik. Pernahkah kamu melihat larva nyamuk di selokan-selokan? Orang suka mengambilnya untuk makanan ikan. Kemudian larva itu berubah menjadi pupa atau kepompong. Pupa bernapas dengan dua pipa yang tumbuh di atas kepalanya. Akhirnya nyamuk akan keluar dari kepompong dan berusaha terbang menjauhi air. Itu adalah saat yang sangat genting bagi nyamuk. Ia hanya dapat menyentuh air dengan kakinya. Sayap-sayapnya tidak boleh basah terkena air. Kalau pada saat itu ada angin sedikit saja, nyamuk yang baru menetas itu akan tenggelam sebelum terbang ke darat.

Nyamuk bisa mengepakkan sayapnya sebanyak 500 sampai 1000 kali per detik. Untuk perbandingan, dalam sedetik kita mengejapkan mata satu kali.

Jikalau kepada hewan yang kecil itu Tuhan berikanbanyak keistimewaan, apalagi kepada manusia.

Sebutkan salah satu keistimewaan yang Tuhan berikan kepadamu sebagai manusia:

——————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————

Jawaban : Nyamuk memiliki enam buah kaki.

Artikel bersumber dari : Alkitab, Ensiklopedia Wikipedia,

 

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.