Pembaruan Zaman Yosia

By Sekolah Minggu

2 Raja-raja 23:1-11

Raja Yosia sudah mendengar isi firman Tuhan yang ditulis di kitab Taurat. Ia sadar perbuatan seluruh Israel selama ini jauh berbeda dari standar yang Allah tetapkan. Raja Yosia memutuskan untuk melakukan firman Allah. Ia pun segera bertindak.

Raja Yosia mengumpulkan seluruh tua-tua, imam, nabi, dan rakyat untuk mendengarkan firman Tuhan dan berjanji untuk memegang firman Tuhan seumur hidup. Setelah itu Raja Yosia menghancurkan segala perkakas yang dipakai untuk penyembahan berhala. Ia membersihkan bait Allah dari barang-barang berhala. Yosia sungguh-sungguh melakukan perombakan besar-besaran.

Banyak orang ketika mendengar firman Tuhan tampak menyesal saat itu. Namun, keesokan harinya mereka tidak sungguh-sungguh menjalankan firman Tuhan itu di dalam hidup sehari-hari. Mendengar firman Tuhan sangatlah penting. Dalam Roma 10:17 dicatat bahwa iman timbul dari pendengaran akan firman Kristus. Namun, ada hal lain yang harus dilakukan sebagai tanda pertobatan, yaitu perubahan dalam hidup nyata.

Pertobatan sejati harus diikuti dengan perubahan yang mendasar dan kelihatan. Umat Allah harus berjuang membuang segala kejahatan dalam hatinya. Hal itu bisa dilakukan dengan iman dan karena anugerah Tuhan.

Di Renungkan

Sebutkan 3 hal yang dilakukan Yosia!

Doa

Bapa di surga, tolonglah saya dalam berjuang mengalahkan kebiasaan-kebiasaan saya yang buruk. Saya mau hidup untuk Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Catatlah 3 kebiasaan burukmu yang ingin engkau ubah. Mintalah pertolongan Allah untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang buruk itu.

Artikel yang berhubungan :

  • Runtuhnya Kerajaan Israel Selatan
  • Dari Adam Sampai Salomo
  • Israel Pulang Kembali
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.