Runtuhnya Kerajaan Israel Selatan

By Sekolah Minggu

2 Raja-raja 25:1-12

Ternyata raja-raja berikutnya tidak hidup benar seperti Yosia. Mereka kembali melakukan kejahatan. Maka, akhirnya Allah benar-benar murka kepada umat-Nya itu. Allah menghukum mereka. Ia mendatangkan Raja Nebukadnezar dari kerajaan Babel untuk menghancurkan seluruh Israel. Nebukadnezar mengangkut para pemuda Israel yang hebat-hebat ke Babel, membakar bait Allah, dan merobohkan tembok kota yang mengelilingi kota Yerusalem. Zaman itu jika tembok sebuah kota sudah dirobohkan berarti habislah pertahanan kota itu. Kota itu dapat dinyatakan kalah total.

Apa yang menimpa Israel sungguh mengerikan. Ketika murka Allah sudah tiba, maka tidak ada lagi pertolongan lain. Bukankah Allah sudah berkali-kali memberikan kesempatan?

Janganlah kita bebal dan keras hati sehingga mendatangkan kemarahan Allah. Periksalah dirimu sendiri. Apakah ada bagian firman Tuhan yang tidak mau engkau dengarkan, walaupun Allah sudah memberikan kepadamu kesempatan berkali-kali? Jika ada, biarlah hari ini engkau sadar bahwa suatu saat kesempatan yang diberikan Allah akan berhenti. Marilah kita membiasakan diri untuk selalu sedia mendengarkan peringatan dan firman Allah.

Di Renungkan

Pada zaman siapakah Raja Nebukadnezar menghancurkan Yerusalem? (ay.1-2)

Doa

Bapa di surga, saya tidak mau menjadi anak yang bebal yang tidak bisa mendengarkan peringatan Tuhan. Tolong saya, Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Bacalah dan ingatlah Amsal 1:32-33.

Artikel yang berhubungan :

  • Dari Adam Sampai Salomo
  • Israel Pulang Kembali
  • Kematian Absalom
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.