Segala Sesuatu Ada Waktunya

By Sekolah Minggu

Pengkhotbah 3:1-14

Kitab Pengkhotbah mengatakan bahwa segala sesuatu di dalam dunia yang sementara ini ada waktunya. Maksudnya, keadaan kita tidak mungkin sama terus menerus. Ada kalanya kita mengalami saat senang, dan ada kalanya susah. Ini bukan berarti Allah tidak berkuasa atau sengaja membuat kita susah. Kesusahan dipakai Allah untuk melatih kita agar menghargai setiap kesempatan yang diberikan-Nya.

Dalam bahasa Yunani ada dua kata untuk menunjukkan kata waktu. Pertama, kronos, yaitu waktu yang sedang berlangsung, jam terus berganti jam dan hari terus berganti hari.

Yang kedua, kairos, yaitu, waktu-waktu khusus dalam kehidupan kita yang tidak mungkin terulang lagi. Saat kita dilahirkan, saat kita lulus sekolah, dan juga saat terpenting  ketika kita percaya Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, itulah kairos.

Allah menciptakan manusia dengan kemampuan untuk mengingat masa yang lampau dan berharap akan masa yang akan datang. Dicatat dalam ayat 11 bahwa Allah akan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.

Dalam ayat itu dicatat juga bahwa Allah memberikan kekekalan dalam hati manusia. Itu berarti dalam hati manusia merindukan hal-hal tertentu yang dapat berlangsung terus dan tidak pernah berhenti selama-lamanya. Itu juga berarti bahwa hati manusia tidak pernah bisa diisi dengan hal yang sementara.

Maukah kamu mengisi hatimu dengan firman Tuhan yang kekal?

Di Renungkan

Allah-lah yang mengatur masa dan waktu. Allah juga memberikan anugerah dan kesempatan kepada manusia untuk menikmati semua pengaturan Allah. Apakah tujuan semuanya ini? (ay.14)

Doa

Bapa di surga, terima kasih untuk waktu senang dan susah di dalam hidup saya, sehingga saya boleh selalu bersyukur dan bergantung kepada Engkau saja. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Ketika engkau senang, ingatlah bahwa untuk menikmati saat senang adalah anugerah Allah. Ketika engkau susah, ingatlah bahwa itulah saat Allah melatih iman dan pengharapanmu.

Artikel yang berhubungan :

  • Ingatlah Penciptamu
  • Peringatan Kepada Israel
  • Bertobatlah
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.