Silent Night…

Silent Night…

by : Sekolah Minggu

    a Broken Organ

Suatu krisis terjadi! Organ di gereja St. Nicholas di kota kecil Oberndorf, Austria, rusak. Padahal mereka sedang mempersiapkan perayaan malam Natal. Artinya dalam Midnight Mass (Misa Tengah Malam) tradisional nanti tidak akan menggunakan organ.

Pada malam tanggal 23 Desember seorang pendeta muda, Josef Mohr, hadir dalam pementasan drama kelahiran Yesus di kota itu. Kisah dari drama yang dimainkan itu memberinya inspirasi. Dalam perjalanan pulang ke rumah dia berhenti sejenak di tempat kesukaannya. Dari tempat itu dia dapat melihat kota tersebut secara keseluruhan. HAtinya tergerak oleh kisah Natal dan keindahan malam hari itu.

Sesampainya di rumah, dia menyalakan lampu. Di dalam cahaya yang remang-remang dia menulis kata-kata dari lagu Stille Nacht (Silent Night atau Malam Kudus).

Keesokkan paginya dia membawa tiga bait syair lagu Stille Nact yang sudah dia tulis ke rumah temannya, Franz Gruber. Franz Gruber adalah organis gereja. Josef Mohr berkata kepadanya “Cobalah jika kau dapat memasangkan lagu ini dengan melodi.”

Tidak adnya harapan bahwa organ gereja dapat diperbaiki untuk Midnight Mass di malam Natal. Maka, Gruber menulis musiknya dengan menggunakan gitar.

Mohr dan Gruber menyanyikan lagu tersebut paa saat Christmas Eve (Malam Natal) dengan diringi gitar oleh Gruber bersama dengan koor anak-anak perempuan yang masih kecil-kecil. Lagu yang sederhana itu ternyata memberikan pengaruh yang besar ke seluruh dunia.

Mohr dan Gruber sendiri tidak pernah berpikir bahwa lagu mereka akan digunakan selain oleh desa mereka. Dan ketika organ gereja tersebut selesai diperbaiki, mereka dapat mendengar lagu Stille Nacht dengan lebih jelas. Mereka sendiri tercengang dan takjub oleh bait dan melodi lagu tersebut.

Melalui pengaruh mereka, lagu tersebut tersebar dan dengan cepat menjadi bagian dari lagu-lagu konser Natal di seluruh Austria dan Jerman. Tahun 1839 lagu Silent Night, Holy Night pertama kali ditampilkan di United States, Amerika oleh group penyanyi dari Austria. Dengan cepat lagu tersebut tersebar ke seluruh dunia dan menjadi lagu Natal yang sangat disukai sepanjang waktu.

 

Pertanyaan:

a. Siapakah penulis syair lagu ini?

b. Dengan alat musik apakah melodi lagu ini pertama kali dibuat?

c. Apa alasan Mohn menulis syair Silent Night?

Artikel bersumber dari : majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.