Tahun Ajaran Baru!

Tahun Ajaran Baru!

by : Sekolah Minggu

Sambutlah!

Hari pertama sekolah di tahun ajaran baru tiba. Apa yang kamu rasakan? Bersemangat? Biasa-biasa saja, tetapi sedikit penasaran? Ataukah kamu merasa takut? Ketika menghadapi sesuatu yang baru, bisa saja rasa khawatir menyelinap di hati. Itu wajar-wajar saja.

Sekolah baru, kelas baru, guru baru, atau teman-teman baru mungkin saja sulit untuk dihadapi, bukan? Tetapi kamu tidak perlu terus khawatir. Di bawah ini ada beberapa saran yang bisa membantumu bila kamu praktekkan dengan benar.

1. Berdoa

Ini sangat penting. Katakan kepada Tuhan apa yang kamu rasakan. Mintalah agar Tuhan memberimu kekuatan menghadapi kesulitan yang mungkin muncul, dan agar Dia menolongmu menjadi anak yang rajin belajar. Mau tahu suatu kabar baik? Tuhan tidak pernah terlalu sibuk untuk mendengarkan doamu! Tuhan sangat baik, bukan?

2. Jaga Hatimu

Amsal 4:23 menulis: Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Jadi, buanglah jauh-jauh perasaan curiga, cuek, malas, atau murung. Bergembiralah. Ini perintah Alkitab, loh. Coba saja cek di Filipi 4:4.

3. Jadilah Seorang Sahabat

Sebelum mengharapkan orang lain menjadi sahabatmu, kamulah yang lebih dahulu harus menjadi sahabat yang baik. Ingatlah, Tuhan ada bersamamu untuk menghadapi hari ini. Katakanlah, “Halo” atau “Hai” dengan riang dan ramah kepada teman barumu. Perkenalkan namamu dan tersenyumlah. Tapi sikapmu harus tulus, ya. Jangan berpura-pura. Orang tahu bila kita berpura-pura.

4. Memulai percakapan

Ceritakanlah sedikit saja tentang dirimu, lalu  persilahkan temanmu yang ganti bicara. Berbicara harus bergantian, tidak boleh ada yang mendominasi percakapan. Jangan mendesaknya menceritakan apa yang tidak ingin dia katakan. Bicarakan apa yang juga dia sukai, bukan hanya yang kamu sukai.

5. Hormati Guru

Tunjukkan sikap yang ramah dan sopan kepada gurumu. Dengarkan apa yang dikatakannya dan selesaikan tugas-tugasmu dengan baik.

6. Buku Catatan

Sejak hari pertama catatan pelajaran atau hal-hal yang perlu dicatat dengan rapi pada buku yang telah ditentukan. Ini akan memudahkanmu mempelajarinya atau memeriksanya kembali. Kamu pasti akan bersyukur di kemudian hari bila catatan-catatanmu rapi.

7. Bersyukur

Ini juga sangat penting. Kita selalu perlu bersyukur kepada Tuhan yang sangat baik. Banyak sekali anak yang tidak bisa sekolah seperti kamu. Renungkanlah ini dan bersyukurlah atas kesempatan belajar yang kamu miliki. Jadi, ayo memulai tahun pelajaran baru dengan semangat!

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.