ADAKAH PENGHAKIMAN?

ADAKAH PENGHAKIMAN?

by : Sekolah Minggu

kita suka berpikir bahwa Tuhan Allah itu maha pengasih dan pengampun. Allah begitu baik dan sabar, sehingga Ia pasti selalu mengampuni semua kesalahan dan dosa kita. Tidak apa-apa berbuat dosa sekarang, selalu masih ada kesempatan lain kali.

ezrah

Pikiran seperti itu memang sangat menghibur kita, tetapi itu tidak benar. Ada hal lain tentang Allah yang harus kita ketahui, yaitu bahwa Ia juga adil dan suci. Karena Ia adil dan suci, Ia tidak bisa membiarkan dosa. Orang yang berdosa harus dihukum.

HARI PENGHAKIMAN                                                                                                                                                   

Pernahkah kamu mendengar tentang “hari penghakiman”? Itu adalah hari di mana semua orang harus memberi pertanggungjawaban kepada Allah. Kita semua harus bertanggungjawab atas semua yang telah kita kerjakan.

Allah itu Maha-adil. Artinya, tidak ada yang lebih adil daripada Allah. Pada hari penghakiman itu Allah akan berdiri sebagai Hakim Agung.                                                                                   

Hakim Agung itu akan menilai setiap perbuatan kita, dan ada hukuman bagi perbuatan-perbuatan yang salah. Penghakiman-Nya sangat adil.

TIDAK SEMUA ORANG PERCAYA                                                                                                                                              

Ada orang-orang yang menolak untuk percaya tentang hari penghakiman itu. Mereka mengatakan kepada diri sendiri bahwa tidak ada hari penghakiman. Semua akan berjalan seperti biasa.                                                                                                                                                                                                            Orang-orang itu sengaja mengabaikan kenyataan adanya penghakiman Allah. Dengan begitu mereka bebas berbuat sesuai dengan apa yang mereka anggap baik dan yang mereka mau. Itu berarti mereka tidak percaya akan adanya hidup kekal.

Penghakiman pasti ada                                                                                                                                                                 Darimana kita tahu adanya hari penghakiman? Marilah kita lihat apa yang ditulis di dalam Alkitab.

Kisah Para Rasul 17:31: “Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati.”

Dari ayat itu jelaslah, bahwa Allah telah menentukan suatu hari penghakiman. Yesus Kristus, Anak-Nya yang telah mati di kayu salib, akan menjadi Hakimnya.

Hari penghakiman itu pasti akan tiba waktunya. Pada hari itu tidak ada orang yang bisa mengelak dari kesalahannya.

DUNIA ADA AWAL DAN AKHIRNYA                                                                                                                        

Semua yang diciptakan memiliki waktu. Dunia ini telah jatuh ke dalam dosa. Tidak selama-lamanya dunia akan seperti ini. Sejarah kehidupan di dunia ini akan berakhir.

Tuhan Yesus Kristus akan datang kembali ke dalam dunia ini. Ini adalah kabar gembira bagi orang-orang yang percaya pada-Nya dan mengasihi Dia. Tetapi kita juga harus waspada dan memperhatikan cara kita hidup, karena kedatangan Kristus juga berarti penghakiman akan segera terjadi.       

Bagi orang-orang yang menolak Inji, yang tidak mau percaya kepada Tuhan Yesus, hari itu akan menjadi hari yang “mengejutkan.”

Mereka akan lihat bahwa pikiran mereka selama itu ternyata salah. Hari penghakiman tidak bisa menjadi tidak ada hanya karena mereka tidak mau mempercayainya. Itulah yang akan membuat mereka sangat terkejut.

KITA HARUS BERTOBAT                                                                                                                                                                 Dalam Kisah Para Rasul 17:30 tertulis: “Dengan tidak memandang lagi zaman kebodohan, maka sekarang Allah memberitakan kepada manusia, bahwa di mana-mana semua mereka harus bertobat.

Orang berdosa harus bertobat. Semua dosa adalah melawan Allah, karena Allah telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang bermoral. Mereka harus menyesal karena sudah berdosa, dan menerima keselamatan dari Tuhan Yesus.

Hanya kematian Kristus yang bisa menggantikan kita dari hukuman kekal akibat dosa. Itulah sebabnya berita keselamatan melalui kematian Tuhan Yesus menjadi “Kabar Baik” bagi manusia yang berdosa.

SIAPA YANG AKAN DIHAKIMI?                                                                                                                                                  Menurut Alkitab semua orang akan dihakimi. Bahkan orang-orang yang telah menerima Tuhan Yesus-lah yang pertama-tama dihakimi. Loh, kok begitu?

Jangan kaget dulu. Pengikut Tuhan Yesus bukan diadili untuk menerima hukuman kekal. Ingat, semua orang yang menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat mereka pasti diselamatkan. Tetapi kita akan diadili berdasarkan kesetiaan dan ketaatan kita terhadap perintah Tuhan.

Setelah itu orang-orang lain yang  tidak percaya akan diadili. Karena mereka  tidak percaya kepada Tuhan Yesus, tidak ada Juruselamat yangd apat menolong mereka. Mereka akan sangat menyesal, tetapi sudah terlambat.

MARILAH BERJAGA-JAGA                                                                                                                                                            Hari penghakiman adalah pasti. Marilah kita berjaga-jaga. Marilah kita taat kepada perintah-perintah-Nya, setia menegrjakan kewajiban kita sebagai anak Allah.       

Pikirkanlah bagaimana kamu bisa melayani Tuhan. Pekerjaan yang kamu lakukan demi menyenangkan hati Tuhan adalah pelayanan. Dan marilah kita melayani Tuhan dengan setia.

 

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.