All Glory Laud And Honor

All Glory Laud And Honor

by : Sekolah Minggu

Lagu “All Glory Laud, And Honor” ditulis oleh uskup Theodulph of Orleans dari Prancis sekitar tahun 820. Ketika itu dia sedang di penjara di biara Angers. Theodulph saat itu dikenal sebagai penyair, pastor, dan uskup dari Orleans yang dicintai.

Lagu ini dibuat berdasarkan syair yang ditulis pada abad pertengahan. Sajak aslinya dibuat dalam bahasa Latin dengan judul”Gloria, laus et honor tibi sit, k rex Chrsite redemptor” sepanjang 78 baris. Ini adalah lagu tradisional yang ditulis sebagai bagian dari prosesi saat Minggu Palem. Di abad pertengahan sudah merupakan suatu kebiasaan bagi pastor dan paduan suara untuk melakukan prosesi atau iring-iringan saat memasuki gereja.

Lagu hymn ini menceritakan tentang penyambutan kedatangan Yesus ketika memasuki Yerusalem pada saat Minggu Palem. Orang banyak meneriakkan “Hosanna!” dan mereka menaruh cabang-cabang daun palem di jalan yang akan dilewati Tuhan Yesus. Mereka menyambut dan memuji Yesus.

Theodulph of Orleans menulis “All Glory, Laud, and Honor” di dalam penjara. Ia dipenjara karena dicurigai merencanakan perlawanan terhadap pemerintahan Raja Louis I.

Namun banyak yang menceritakan bahwa beberapa saat sebelum Theodulph meninggal pada tahun 821, Raja Louis I melintasi penjara. Saat itu sedang dilakukan prosesi Minggu Palem dan Theodulph menyanyikan lagu tresebut dari jendelanya. Lagu tersebut begitu menyentuh hati Raja Louis I. Seketika itu juga Theodulph dibebaskan. Akan tetapi tidak lama setelah itu Theodulph meninggal. Diduga dia diracuni sebelum dia meninggalkan rumahnya untuk pergi.

Yang membuat melodi lagu ini adalah Melchior Teschner. Dia dilahirkan diFraustadt, Silesia, pada tahun 1584. Dia menjadi pemimpin paduan suara di gereja Lutheran di kotanya. Sesudah itu, dia menjadi pastor Lutheran dari Oberpriestchen dekat Fraustadt. Melodi lagu ini dibuat tahun 1613.

Dari bahasa Latin lagu ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh John M.Neale. Terjemahan bahasa Inggrisnya menjadi terkenal di kalangan protestan dan katolik, dan di seluruh gereja yang memakai bahasa Inggris di seluruh dunia.

Neale lahir di London, Inggris, tanggal 24 Januari 1818. Dia bersekolah di Cambridge University, dan terkenal karena banyak sekali menghasilkan karya tulisan puisi dan prosa. Dia juga menguasai 20 bahasa.

Pertanyaan:

a. Siapakah Theodulph of Orleans itu?

b. Lagu karangannya menceritakan tentang apa?

c. Siapa yang menerjemahkan lagu ini ke dalam bahasa Inggris?

 

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.