Allah Adalah Adil, Suci, dan Kasih

Allah Adalah Adil, Suci, dan Kasih

By : Sekolah Minggu

Kejadian 3 : 1-24

“Timtim, Vivi! PR kalian sudah selesai?” tanya Papa.

“Sudah, Pa,” jawab Vivi. “Saya juga sudah,” jawab Timtim pula.

“Bagaimana kalau kita lanjutkan Firman Tuhan yang kita bahas kemarin?” kata Papa.

“Hore..!” kata Timtim dan Vivi bersamaan.

Tidak lama kemudian Timtim dan Vivi duduk bersama Papa dan Mama di ruang keluarga dengan memegang Alkitab mereka.

“Ayo, Pa, kita mulai! Kami sudah siap,” Kata Vivi.

“Baiklah, Papa akan bacakan dulu ayatnya di Kejadian 3:23-24.” Papa membuka Alkitabnya, lalu membacanya. Mama, Timtim, dan Vivi mendengar dengan seksama.

“Ketika Adam memakan buah yang dilarang Allah ini, menunjukkan Adam tidak lagi taat pada perintah Allah dan ini disebut dosa. Akibatnya, Allah harus menjatuhkan hukuman kepada manusia akibat perbuatan mereka tersebut karena Allah adalah Allah yang Adil.

Dosa telah merusak seluruh natur/hidup Adam, Hawa serta keturunannya termasuk kita, karena Adam mewakili seluruh umat manusia.

Perbuatan Adam telah membuat seluruh diri manusia tercemar dosa. Pikiran manusia telah tercemar dosa, perasaan manusia telah tercemar dosa, begitu pun dengan keinginan hati dan perbuatan manusia telah tercemar dosa. Manusia tidak lagi dapat memikirkan, merasakan, menginginkan dan melakukan sesuatu yang baik, yang memuliakan Allah. Yang dipikirkan dan diinginkan manusia berdosa adalah untuk kebaikan diri, bukan untuk Allah, misalnya belajar untuk mendapat nilai yang tinggi agar disebut orang pandai, jadi belajar untuk kesombongan diri. Contoh lain, kita mau memberi sesuatu kepada teman, tapi dengan imbalan agar teman menurut semua keinginan kita. Kita memberi tidak pernah dengan tulus, tapi selalu mempertimbangkan untung dan ruginya bagi diri sendiri.

Tahukah kalian manusia yang tercemar dosa tidak dapat lagi bersama-sama dengan Allah, karena Allah adalah suci. Suci artinya kudus tidak ada cacat dan tidak ada noda sedikitpun. Oleh karena itu, meskipun sangat sedih, Allah harus mengusir mereka dari taman Eden, karena manusia berdosa tidak bisa bersama dengan Allah yang Suci. Dosa membuat manusia harus berpisah dengan Allah, manusia tidak dapat lagi bersekutu dengan Allah, dan manusia tidak dapat lagi bergembira bersama Allah,” jelas Papa.

“Pa, apakah ada yang bisa menolong manusia agar dapat kembali bertemu dengan Allah?” tanya Timtim.

“Di dunia ini tidak ada seorang manusia pun yang dapat membawa kita kembali bersama dengan Allah, karena semua orang telah berdosa, kecuali…..,” Papa terdiam sejenak.

“Kecuali apa, Pa?” tanya Vivi.

“Kecuali Allah sendiri yang dapat menolong manusia, yaitu dengan cara Allah yang Suci turun ke dunia yang berdosa dan menjadi sama dengan manusia, untuk menyucikan manusia sehingga manusia dapat kembali bersama Allah,” kata Papa.

“Siapakah Allah yang datang ke dunia menjadi sama dengan manusia?” tanya Vivi.

“Dia adalah Tuhan Yesus Kristus. Dia datang ke dunia untuk menebus hidup kita yang sudah berdosa dengan cara mati di kayu salib lalu pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati dan kemudian Dia naik ke surga karena tugas-Nya untuk menggenapkan janji Allah untuk membebaskan manusia dari dosa telah selesai. Inilah tanda kasih yang paling besar yang Allah berikan, karena Allah adalah Kasih,” kata Papa.

Jadi anak-anak, ketika kita percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat, saat itu juga kita disucikan oleh Allah Roh Kudus dan menjadi anak-anak Allah sehingga kita dapat kembali bersama Allah. Sebagai anak Allah kita harus menjaga kesucian hidup kita dengan cara tidak boleh memikirkan yang jahat dan tidak boleh melakukan perbuatan yang menyedihkan hati Allah. Kita harus membenci dosa,” kata Mama.

“Iya, Ma. Timtim akan selalu ingat pesan Mama,” kata Timtim.

“Vivi juga, Ma. Terima kasih, Pa,” kata Vivi. Lalu mereka berdoa bersama mengucap syukur atas Firman yang didengar hari itu.

Artikel Bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu, Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.