Allah Adalah Gembalaku

By Sekolah Minggu

Mazmur 23:1-6

Mazmur 23 ditulis oleh Daud dan sangat terkenal. Banyak orang membuat lagu dari Mazmur 23 yang banyak dinyanyikan hingga sekarang.

Sejak muda Daud adalah seorang gembala domba. Dan ia sendiri mengumpamakan dirinya sebagai domba yang juga memerlukan sang Gembala. Siapakah sang Gembala itu? Dalam ayat 1 bisa kita lihat bahwa Gembala itu adalah Allah sendiri. Marilah kita lihat apa yang dilakukan sang Gembala bagi domba-domba-Nya.

Pertama, sang Gembala memberi makan domba-domba-Nya. Makanan dari sang Gembala itu menyegarkan dan menyehatkan. Firman Tuhan adalah makanan yang menyegarkan jiwa kita. Lalu, sang Gembala menuntun jalan domba-domba-Nya supaya tidak tersesat. Tahukah engkau bahwa domba adalah salah satu hewan yang mudah tersesat?

Gembala selalu membawa tongkat dan gada. Gada adalah sebuah alat pemukul besar yang ada duri-durinya. Gada berguna untuk memukul binatang buas yang mengancam doma-dombanya. Tongkat gembala melengkung di ujung atasnya, berguna untuk menarik domba yang mulai melenceng jalannya agar mendekat kembali dan tidak salah jalan.

Allah akan melindungi domba-domba-Nya dari bahaya. Ia juga akan menarik kembali domba-domba-Nya yang nakal yang sering mau lari dari-Nya. Maka, Daud mencatat bahwa di dalam bahaya sekalipun ia tidak takut karena ada Gembala yang menjaganya dengan tongkat dan gada.

Di Renungkan

Dalam Perjanjian Baru Allah menyatakan diri-Nya sebagai Gembala yang baik. Bacalah Yohanes 10:11. Siapakah Gembala yang baik itu? Apakah yang dilakukan-Nya?

Doa

Bapa di surga, terima kasih karena Tuhan Yesus telah menjadi Gembala Agung saya. Tuhan Yesus telah rela mati untuk menebus dosa-dosa saya. Saya mau jadi domba Tuhan yang selalu menuruti kata-kata-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Engkau adalah domba kecil milik Tuhan Yesus. Gembala kita yang baik sangat mengasihimu. Maukah engkau menjadi domba yang taat? Apa yang dilakukan domba yang taat? Bacalah Yohanes 10: 14-15.

Artikel yang berhubungan :

  • Percaya Pada Allah Ketika Takut
  • Ajarlah Kami Menghitung Hari-Hari
  • Kasih Setia Allah
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.