Dari Kutub Ke Kutub

Dari Kutub Ke Kutub

by : Sekolah Minggu

Lagu ini ditulis oleh Reginald Heber (1783-1826) yang merupakan salah seorang penulis himne Inggris terkenal pada abad ke-19. Heber sendiri menulis 75 himne semasa hidupnya, salah satunya adalah himne “Suci, Suci, Suci” yang terkenal itu. Dalam melayani di Gereja Anglikan, Heber sangat tertarik pada pelayanan misi kepada dunia. Tulisan dan pengaruh Heber sangat mendorong orang-orang Kristen di dalam penginjilan.

Pada tahun 1822, sebagai penghargaan terhadap ketertarikan Heber dalam penginjilan, ia ditahbiskan sebagai uskup di Kalkuta, India. Namun hanya tiga tahun ia melayani sebagai uskup, kesehatannya menurun dan ia meninggal di usia yang muda, 43 tahun.

Lagu ini diciptakan pada tahun 1819 saat ayah mertuanya, seorang penatua gereja, mendatangi Heber dan menanyakan padanya, apakah ia mengetahui lagu tentang misi yang bisa dinyanyikan dalam kebaktian yang memperingati hari Pentakosta. Ia merenung diam dan tak lama kemudian, ia menghasilkan tiga bait pertama lagu ini. Semua orang senang dengan lagu itu, tapi Heber sendiri tidak puas, lalu ia kembali berpikir dan menciptakan bait terakhir dari lagu ini.

Melodi lagu ini bernama MISSIONARY HYMN, diciptakan pada tahun 1824 oleh Lowell Mason, seorang guru dan musisi gereja di Amerika. Sama dengan teksnya, melodi lagu ini juga diciptakan dalam waktu yang singkat. Dalam bahasa Inggris, lagu ini terdiri dari 4 bait, namun hanya 3 bait yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Bait pertama menceritakan tentang keadaan seluruh dunia yang membutuhkan keselamatan dari Tuhan Yesus Kristus. Bait kedua adalah ajakan bagi semua orang Kristen untuk mengabarkan Injil pada dunia ini. Bait ketiga menyatakan tentang kemenangan Tuhan Yesus atas seluruh bumi ini. Oleh karena itu, lagu ini cocok sekali dinyanyikan untuk membangkitkan semangat penginjilan dalam diri kita. Marilah terus menginjili dan menjadikan seluruh bangsa sebagai murid Tuhan Yesus.

 

 Oleh : Alicia W.K

Quiz

Isilah titik-titik di bawah ini

1. Bertemakan tentang apakah lagu ini?

————————————————-

2. Siapakah yang menciptakan lagu ini?

Sebutkan satu lagu terkenal lainnya yang dikarang olehnya!

————————————————-

3. Ceritakanlah kepada 3 orang sahabatmu tentang isi dari 3 bait lagu ini, dan nyanyikanlah

bersama-sama.

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.