Ester Menjadi Ratu

By Sekolah Minggu

Ester 2:1-16

Sekarang kita memasuki kitab baru, yaitu kitab Ester. Kitab ini menceritakan bagaimana Allah menyelamatkan umat-Nya dari maksud jahat Haman. Haman berniat membunuh seluruh bangsa Israel. Akan tetapi Allah menyelamatkan umat-Nya dengan cara yang luar biasa, sebuah cara yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Cerita penyelamatan ini dimulai di tempat pembuangan. Waktu itu Israel berada di bawah kekuasaan kerajaan Persia. Raja yang berkuasa bernama Ahasyweros. Raja Ahasyweros sedang mencari seorang ratu baginya. Ratu yang sebelumnya diasingkan dan dihukum karena raja menganggapnya sudah melakukan suatu kesalahan besar.

Mordekhai adalah seorang Yahudi. Ia mempunyai seorang sepupu bernama Ester. Ester adalah seorang anak perempuan muda yang sangat cantik parasnya. Mereka tinggal di wilayah pemerintahan Ahasyweros. Ester juga dikumpulkan di dalam benteng Susan bersama gadis-gadis lain yang akan dipilih raja menjadi ratu.

Allah sendirilah yang menentukan pemilihan itu. Allah membuat sida-sida (pengawal) raja yang menjaga gadis-gadis itu menyukai Ester. Akhirnya Raja Ahasyweros memilih Ester menjadi ratu. Yang terjadi pada Ester bukanlah babak akhir dari kisah pemeliharaan Allah terhadap umat-Nya, melainkan baru babak awal.

Hidup kita juga bisa dipakai Allah untuk menyatakan rencana-Nya, meskipun sekarang kita belum mengetahui apa yang akan terjadi kelak. Maukah hidupmu dipakai Tuhan?

Di Renungkan

Siapakah Mordekhai itu? (ay.5-7)

Doa

Bapa di surga, pimpinlah setiap babak dalam hidup saya supaya saya bisa dipakai oleh-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Jika Allah memberikan suatu hal yang menyenangkan atau keadaan yang baik kepadamu, ingatlah bahwa Allah punya rencana untukmu sekarang ini. Maukah engkau senantiasa berdoa kepada Allah?

Artikel yang berhubungan :

  • Rencana Jahat Haman
  • Panggilan Ester
  • Allah Memelihara Umat-Nya
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.