Mengingat Kesabaran Allah

By Sekolah Minggu

Nehemia 9:26-33

Renungan kita selama tiga hari ini membahas tentang doa dalam kebaktian bangsa Israel yang dipimpin oleh orang-orang Lewi (bacalah ayat 5). Ada tiga hal yang dapat kita pelajari dari doa mereka, yaitu: 1. Kita mengingat siapa Allah yang kepada-Nya kita berdoa. 2. Kita mengingat cinta kasih Allah sepanjang hidup kita. 3. Kita mengingat kesabaran Allah yang menanti kita untuk sungguh-sungguh berbakti kepada-Nya dan menaati-Nya.

Kita akan terkagum-kagum melihat kesabaran Allah. Allah begitu besar terhadap kita sehingga Ia memberikan kita kesempatan untuk berjuang menaati firman-Nya. Namun kesabaran Allah tidak bisa kita permainkan. Allah yang sabar adalah Allah yang adil. IA akan menuntut tanggung jawab kita dari setiap perbuatan kita.

Di dalam kesabaran-Nya Allah juga menghukum bangsa Israel. Mengapa? Bukankah Allah yang sabar seharusnya tidak menghukum? Justru hukuman Allah adalah bagian dari kesabaran-Nya untuk mengajar mereka menaati-Nya. Dengan kata lain, Allah sabar menanti sampai mereka mau taat kepada-Nya, dan supaya mereka mau taat seringkali Allah harus menghukum mereka.

Jika kita menerima hukuman dari Allah itu berarti Allah memperlakukan kita sebagai anak-anak-Nya. Hukuman itu bertujuan untuk menghindarkan kita menjadi anak-anak yang kurang diajar. Karena itu marilah kita hargai kesabaran Allah dan sungguh-sungguh bertobat.

Di Renungkan

Apakah arti di dalam kesabaran Allah ada penghukuman-Nya? (ay.29-31)

Doa

Bapa di surga, saya sering berdosa kepada Engkau. Tolonglah dan ampunilah saya dalam kesabaran-Mu, ya Tuhan. Saya mau belajar menaati Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Sebutkanlah kembali tiga hal yang telah engkau pelajari dalam pembahasan doa pada renungan tiga hari ini dari kitab Nehemia.

Artikel yang berhubungan :

  • Ester Menjadi Ratu
  • Rencana Jahat Haman
  • Panggilan Ester
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.