Kepala Yang Tertunduk

Kepala Yang Tertunduk

By : Sekolah Minggu

Tanggal 2 April 2010 kita memperingati Jumat Agung. Jumat Agung adalah hari untuk kita mengingat kematian Tuhan Yesus di Golgota. Himne ini adalah salah satu himne yang sering dinyanyikan dalam peringatan Jumat Agung.

Teks dalam himne ini diambil dari puisi Latin yang kemungkinan besar ditulis oleh seorang biarawan, Bernard de Clairvaux, pada sekitar abad ke-12. Puisi Latin itu berjudul Salve mundi saluture yang terdiri dari 7 bagian. Tiap bagiannya menggambarkan tiap anggota tubuh Tuhan Yesus yang menderita saat disalibkan, yaitu: kakinya, lutut, tangan, pinggang, dada, jantung, dan wajah. Nah, himne ini diambil dari bagian ketujuh, Salve caput crucetatum, yaitu berfokus pada wajah Tuhan Yesus yang menderita.

Paul Gerhardt adalah orang yang menerjemahkan puisi Latin ini menjadi himne berbahasa Jerman, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh James Waddel Alexander, seorang hamba Tuhan di New York.

Musiknya ditulis oleh Hans Leo Hassler pada tahun 1600-an. Sebenarnya, musik ini diciptakan untuk lagu tentang cinta, namun pada tahun 1656, musik ini ternyata cocok dengan versi Jerman himne ini. Kemudian, seorang musikus handal, Bach, mengubah melodinya dan memakainya 5 kali dalam St. Matthew Passion dan pada pembuka dan penutup Christmas Oratorio.

Bait pertama himne ini menggambarkan penderitaan yang ditanggung Tuhan Yesus di atas kayu salib. Raja segala raja itu memang memakai mahkota, tetapi bukan mahkota yang penuh berlian. Yang dikenakan kepadanya adalah mahkota berduri. Bait kedua menyatakan bahwa penderitaan yang ditanggung Tuhan Yesus itu adalah untuk menebus dosa kita semua. Bait ketiga menceritakan hati kita yang bersyukur sampai tidak bisa mengatakan apa-apa, dan juga menceritakan keinginan hati kita untuk setia dan mengasihi Tuhan sampai selama-lamanya.

Quiz

Isilah Titik-titik di bawah ini

1. Siapakah yang menciptakan puisi Latin Salve mundi salutare dan apa isi puisi Latin itu?

————————————————————————————————————-

2. Siapakah yang menerjemahkan himne ini menjadi bahasa Jerman dan Inggris?

————————————————————————————————————-

3. Ceritakan kembali isi dari 3 bait himne ini kepada 3 orang temanmu!

————————————————————————————————————–

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu, Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.