Yesus Kristus Penebus Dosa Manusia

Yesus Kristus Penebus Dosa Manusia

By : Sekolah Minggu

Kejadian 3 : 1-24

“Nggak mau, Vivi nggak suka baju ini, harusnya mama beli seperti punya Tuti, lengannya pendek hanya dua jari lalu celananya ketat, nah itu model zaman sekarang,” kata Vivi sambil mengembalikan baju baru tersebut kepada Mama.

“Vi, baju ini cocok sekali buat kamu, Mama dan Papa sudah keliling ke semua toko baju, nggak ada yang sebagus ini. Penjualnya bilang ini model terbaru, bahannya pun terbuat  dari sutera,” kata Mama.

“Iya, Vi. Baju itu bagus sekali, dan cocok sekali untuk kamu,” sela Timtim.

“Lagipula yang memilih baju tersebut adalah Papa. Papa pasti tidak akan sembarangan memilih baju untuk kamu pakai,” kata Mama dengan tersenyum.

“Ah, masa iya, Papa yang pilih baju ini?” kata Vivi heran, dan terdiam sejenak, lalu Vivi mengambil kembali baju baru itu dan berkata, “Kalau begitu Vivi mau deh, Ma. Vivi pun menerima dan memakai baju tersebut. Vivi yakin jika Papa dan Mama pasti memberikan yang terbaik buat Vivi.

Pa, Vivi jadi teringat cerita Alkitab tentang Allah yang membuat pakaian untuk Adam dan Hawa, maukah saat ini Papa menjelaskannya pada kami.”

“Oke, Papa akan menjelaskannya, tapi sebelumnya kita siapkan dulu Alkitab,” kata Papa, lalu Papa, Mama, Timtim dan Vivi duduk bersama di ruang keluarga, dan Papa pun mulai membaca Firman Tuhan dari Kitab Kejadian 3:21 bunyinya, “Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka, ”

“Apakah kalian tahu, mengapa Allah berbuat demikian?” tanya Papa, Timtim dan Vivi hanya menggelengkan kepala.

“Baiklah, masih ingatkah kalian, apa yang terjadi setelah Adam dan Hawa makan buah yang dilarang Allah? Ayo, kita baca lagi kitab Kejadian 3:7,” kata Papa.

“Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat,” Vivi membacanya dengan semangat.

adam dan hawa

“Ya, setelah memakan buah yang dilarang Allah, Adam dan Hawa sadar jika mereka telanjang. Telanjang menunjukan mereka telah berdosa. Ketika mereka sadar bahwa mereka telanjang, Adam dan Hawa langsung mengambil daun untuk menutupi diri mereka. Saat itu mereka tidak lagi memikirkan mereka telah berdosa terhadap Allah tetapi yang mereka pikirkan hanyalah bagaimana menutupi rasa malu. Dosa membuat manusia tidak lagi melihat pada Allah tapi pada diri sendiri. Dosa membuat manusia berusaha menemukan jalan mereka sendiri dan bukan jalan Allah. Dan dosa membuat manusia tidak lagi merawat alam tetapi merusak alam. Ini ditunjukkan dengan manusia berusaha menutupi diri mereka dengan membuat pakaian dari daun. Namun Allah melihat pakaian yang Adam dan Hawa buat tidaklah cocok, tidak baik dan tidak sempurna untuk menutupi tubuh mereka sehari-hari. Saat itu, Allah tidak langsung mendatangkan penghukuman bagi manusia seperti perjanjian-Nya bahwa manusia pasti mati jika makan buah pengetahuan baik dan jahat tersebut, tetapi Allah justru menunjukkan belas kasihan-Nya bagi manusia dan berinisiatif untuk menyelamatkan manusia berdosa dengan membuatkan pakaian dari kulit binatang.

Manusia belajar, untuk menyelamatkan mereka dari kematian akibat dosa, harus ada darah yang mengalir, harus ada yang dimatikan; dan kematian ini menunjuk pada Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus harus mati di kayu salib untuk menggantikan kematian manusia berdosa. Sehingga dengan kematian-Nya, kita yang percaya kepada Tuhan Yesus tidak perlu lagi mengalami kematian.

“Keselamatan yang diberikan Allah bagi kita sangat mahal harganya, karena yang harus mati untuk menebus manusia berdosa adalah Anak Allah sendiri. Oleh sebab itu, kita yang sudah diselamatkan harus berusaha untuk hidup suci dan membenci dosa,” ajak Mama.

Artikel bersumber dari : Sekolah Minggu

Posted in Cerita Sekolah Minggu, Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.