Mengenal Allah

Katekismus Westminster

Mengenal Allah

by : Sekolah Minggu

 

Pertanyaan 9 : Apakah karya pencipta Allah Itu?

Jawab               : Karya penciptaan  adalah tindakan Allah menjadikan segala yang ada dari kekosongan dengan kata-kataNya yang berkuasa dalam waktu enam hari, dan semua yang ia jadikan itu amat baik.

Pertanyaan 9 : Apakah yang dimaksud dengan karya penciptaan-Nya itu?”

Ada empat hal yang harus kamu ingat mengenai PENCIPTAAN:

1. Menciptakan = Tindakan Allah 

Siapakah yang mampu menciptakan? Satu-satunya yang bisa menciptakan hanyalah Tuhan. Tidak ada seorang pun yang bisa menciptakan, bagaimanapun hebatnya dia. Dalam kejadian 1:1 dengan jelas dinyatakan bahwa Allah menciptakan alam semesta ini.

Manusia memang membuat teknologi dan teknologi-teknologi baru terus ditemukan. Akan tetapi menemukan teknologi tidak sama dengan menciptakan. Semua yang bisa dilakukan  manusia adalah membuat suatu dengan memakai bahan-bahan yang sudah tersedia; misalnya, kita membuat rumah dengan mengambil kayu dari pohon-pohon di hutan. Contoh lain, pesawat terbang dibuat manusia dari besi dan bahan-bahan lain yang sudah ada di alam yang Tuhan ciptakan ini.    

2. Menciptakan = Tidak Ada— (menjadi) ADA

  Karya penciptaan Allah merupakan tindakan Allah dalam menjadikan segala sesuatu dari yang tidak ada (kekosongan) menjadi ada, dengan kuasa firman-Nya, dalam waktu enam hari, dan dalam keadaan sangat baik.

Apa artinya menciptakan? Menciptakan yaitu menjadikan sesuatu dari tidak ada menjadi ada. Contonya, bumi dan langit awalnya tidak ada. Kemudian, BUMI! Tuhan menjadikan bumi dan langit ada. Semua manusia hanya bisa mengembangkan yang sudah ada itu.

3. Menciptakan dengan FIRMAN-NYA

  Alkitab mengajarkan bahwa alam semesta dan segala isinya ini diciptakan oleh FIRMAN ALLAH. Ketika menciptakan Allah bahkan tidak perlu menggerakkan satu jari pun! Ia cukup berbicara saja! Alkitab mencatat: Allah berkata, “Jadilah terang!” Dan dari yang tadinya semua gelap muncullah terang. Begitulah cara Allah menciptakan.

Ibrani 11: 3  “Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.”

4. Ciptaan = Sungguh Amat Baik               

Tuhan sendiri yang menilai bahwa ciptaan-Nya itu sungguh amat baik. Ketika itu ciptaan-Nya belum jatuh ke dalam dosa. Dosa mengakibatkan manusia menyalahgunakan ciptaan dan merusaknya.

Kejadian 1:31 “Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik.”

Ingatlah empat hal tentang penciptaan:

1. Semata-mata karya atau tindakan Allah

2. Allah menciptakan dari tidak ada menjadi ada

3. Allah menciptakan dengan firman-Nya

4. Ciptaan itu sungguh amat baik

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.