Mulai Kejatuhan Salomo

By Sekolah Minggu

1 Raja-raja 11:1-10

Kesuksesan dan keadaan yang sangat baik membuat Raja Salomo mulai melupakan peringatan Tuhan. Raja Salomo menikah dengan banyak perempuan dari negara-negara sahabatnya. Dia pikir dengan cara begitu kerajaannya akan menjadi lebih kuat. Dengan menikahi perempuan dari bangsa-bangsa yang pernah bermusuhan dengan bangsa Israel, Salomo mengharapkan semua musuh itu akan ditundukkannya. Akan tetapi perbuatan Salomo itu sama sekali tidak benar. Apalagi Allah sudah melarangnya sejak semula. Maka, tidak ada alasan apa pun untuk membenarkan perbuatan Salomo tersebut.

Raja Salomo tidak mengindahkan peringatan dan larangan Allah. Maka, setelah seluruh cerita tentang kesuksesannya, segera dalam satu pasal saja kejatuhan kerajaannya dimulai. Mengapa demikian? Karena Salomo jelas-jelas melanggar apa yang pernah Allah firmankan kepadanya.

Melanggar perintah Allah bukan hal yang enteng. Jadi, janganlah menganggapnya enteng. Jika engkau melanggar firman Tuhan dan seolah-olah tidak ada akibatnya yang terjadi padamu, sadarlah mungkin itu karena Allah bersabar dan menantikan pertobatanmu.

Di Renungkan

  1. Allah sudah memperingatkan Salomo agar tidak bergaul dengan bangsa-bangsa tertentu? Bangsa-bangsa apa sajakah itu? (ay.1,2)
  2. Mengapa Allah melarang Salomo bergaul dengan mereka? (ay.3)

Doa

Bapa di surga, tolong lindungi saya dalam pergaulan sehari-hari dari pengaruh yang buruk. Jangan biarkan hati saya berpaling dari Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan                                                                                                                                                 Beranilah menolak ajakan teman-temanmu untuk melakukan sesuatu yang bisa menjauhkan hatimu dari Allah.

  • Lawan-lawan Salomo
  • Salomo Mati dan Kerajaannya Terpecah
  • Dosa Yerobeam, Raja Israel Utara
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.