Nubuat Mesias

By Sekolah Minggu

Yesaya 7:14 dan 8:23-9:1,5-6

Menurut catatan sejarah bangsa Israel, Yesaya hidup pada zaman Raja Uzia memerintah, yaitu 700-750 tahun sebelum Tuhan Yesus lahir. Dicatat juga bahwa Yesaya sudah menubuatkan tentang kelahiran Tuhan Yesus, Mesias dan Juruselamat yang dinanti-nantikan oleh bangsa Israel. Catatan Yesaya diteguhkan oleh catatan-catatan para penulis Injil di Perjanjian Baru.

Pengharapan bagi umat Allah bukanlah datang dari antara manusia berdosa. Pengharapan itu adalah Allah sendiri. Allah rela menjadi manusia dan menanggung hukuman dosa kita.

Dunia yang berdosa ini digambarkan sebagai dunia yang gelap. Hanya terang dari surga yang bisa menembus kegelapan dunia ini. Tuhan Yesus adalah sang Terang Dunia. Yesaya mencatat bahwa Yesus akan datang membawa terang bagi bangsa-bangsa. Sang Juruselamat akan memegang lambang pemerintahan. Artinya, kekuasaan Tuhan Yesus melampaui kekuasaan raja mana pun. Di dalam Injil Matius dicatat bahwa segala kuasa di surga dan di bumi telah diberikan kepada-Nya.

Keselamatan yang dibawa oleh Tuhan Yesus bukan hanya milik bangsa Israel. Berita keselamatan  itu akan menjadi berita bagi seluruh bangsa di segala zaman. Dan berita itu sudah sampai kepada kita sekarang. Puji Tuhan!

Di Renungkan

Carilah di mana isi ayat Yesaya 9:5 dicatat dalam Perjanjian Baru. bagaimana caranya? Di bagian bawah halaman Alkitabmu terdapat catatan ayat dengan huruf yang lebih kecil. Contoh: bukalah Yesaya 7:14. Di bagian bawah halaman yang sama terdapat catatan ini: 7:14: Mat.1:23. Artinya, Yesaya 7:14 juga terdapat di Matius 1:23. Dapatkah engkau mencari untuk ayat Yesaya 8:23-9:1 dan Yesaya 9:6 juga?

Doa

Bapa di surga, saya takjub melihat kelahiran Tuhan Yesus sudah direncanakan dan diberitahukan ratusan tahun sebelum Tuhan Yesus sendiri lahir di dunia. Saya bersyukur karena Tuhan membuat rencana keselamatan itu bagi kami. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Beritakanlah kabar sukacita kepada teman-temanmu. Mulailah ceritakan kepada orang-orang di rumahmu: orang tua, kakak dan adik, dan juga tetanggamu. Bisa, kan?

Artikel yang berhubungan :

  • Keselamatan Dari Allah
  • Hamba Yang Menderita
  • Dosa Yang Menghalangi
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.