Perjalan Mengenal Alkitab (7)

Perjalan Mengenal Alkitab (7)

by : Sekolah Minggu

HAK = Hakim – Hakim

Bangsa Israel Memberontak

Kitab Hakim – Hakim

Terdiri dari : 4 pasal

Tokoh-tokoh yang muncul : Debora, Gideon, Simson

Menceritakan mengenai : Bangsa Israel memberontak kepada Tuhan

Bangsa Israel mendapat tugas dari Tuhan untuk menaklukkan seluruh tanah Kanaan. Namun tugas itu tidak dapat mereka selesaikan.

Di tanah Kanaan itu Yosua, pemimpin Israel, mati. Setelah Yosua mati, bangsa Israel dengan cepat melupakan apa yang Tuhan sudah lakukan bagi mereka. Mereka lupa bagaimana Tuhan sudah menjadikan mereka bangsa yang bebas dan memberikan tanah Kanaan itu kepada mereka. Mereka menjalani hidup dengan seenaknya sendiri, tidak ada lagi rasa takut pada Tuhan. Mereka tidak menaati perintah-perintah Tuhan, tidak beribadah lagi kepada-Nya. Mereka meninggalkan Tuhan.

Sebagai akibatnya, Tuhan membiarkan bangsa-bangsa kafir yang masih tinggal di tanah Kanaan menjajah bangsa Israel. Karena telah meninggalkan Tuhan, Israel tidak mampu melawan penjajahnya. Para penjajah itu menindas bangsa Israel. Hidup mereka menjadi sengsara. Baru pada saat-saat seperti itulah bangsa Israel kepada Tuhan, sang Penolong yang mereka tinggalkan. Maka, mereka berteriak memohon pertolongan Tuhan.

Ketika Israel meminta pertolongan, Tuhan mendengar permohonan mereka. Ia memilih dan memberikan pemimpin untuk bangsa Israel yang disebut Hakim. Hakim memimpin bangsa Israel berperang melawan penjajah mereka. Karena Tuhan ada bersama mereka, mereka bisa menang dan bebas dari penjajah mereka. Namun, ketika keadaan sudah damai, kembali bangsa Israel memberontak kepada Tuhan. Begitulah yang terjadi berulang kali.

Fakta tentang Alkitab                                                                                                                                              Alkitab dibagi-bagi menjadi bab oleh Stephen Langton pada tahun 1228. Perjanjian Lama dibagi menjadi ayat-ayat oleh Rabi Nathan pada tahun 1488 dan Perjanjian Baru oleh Robert Stephanus pada tahun 1551. Alkitab pertama yang terbit dengan pembagian bab dan ayat adalah Genevan Bible pada tahun 1560.

 

Artikel bersumber dari : Majalah Anak

Posted in Cerita Alkitab, Cerita Sekolah Minggu
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.