Israel Pulang Kembali

By Sekolah Minggu

2 Tawarikh 1:1 dan 36:11-23

Kitab 2 Tawarikh dibuka dengan kisah kejayaan kerajaan Israel pada zaman Raja Salomo, dan bagaimana Salomo berdoa memohon hikmat dari Allah. Selanjutnya adalah catatan tentang raja-raja Israel Selatan atau Yehuda. Ada sebagian raja dari kerajaan Yehuda yang hidup benar, dan ada sebagian yang hidup jahat di mata Allah. Kitab ini kemudian menceritakan bagaimana Israel sampai dibuang ke negeri Babel.

Mari kita membaca 2 Taw 36:21. Tercatat bahwa bangsa Israel mengalami pembuangan selama 70 tahun. Setelah itu mereka kembali ke tanah mereka. Bagian akhir kitab ini mencatat bahwa kembalinya mereka ke tanah perjanjian adalah karena kebaikan dan kasih sayang Allah kepada umat perjanjian-Nya. Umat-Nya tidak akan selama-lamanya dibuang oleh Allah karena Allah sudah pernah berjanji.

Alkitab mencatat bahwa Allah menggerakkan hati Raja Koresh untuk mengizinkan bengsa Israel pulang. Raja Koresh adalah dari negeri Persia yang mengalahkan kerajaan Babel. Allah-lah yang bertakhta dan berkuasa atas raja-raja.

Allah kita sungguh luar biasa. Perjanjian-Nya tetap untuk selama-lamanya. Akan tetapi, Allah juga tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Allah menghukum umat-Nya sendiri yang tidak taat kepada-Nya.

Di Renungkan

Apakah perintah dari Koresh, raja Persia itu? (ay.23)

Doa

Bapa di surga, terpujilah nama-Mu karena Engkau adalah Allah yang setia. Engkau tidak pernah benar-benar membuang umat-Nya. Terima kasih, Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Lakukan

Allah kita adalah Allah yang setia. Maukah kamu juga setia kepada Allah? Dalam hidup kita sehari-hari, marilah kita belajar dari hal yang kecil sekalipun.

Artikel Yang berhubungan :

  • Kematian Absalom
  •  

    Perkataan Daud Yang Terakhir

  •  

    Salomo Diurapi Menjadi Raja

  •  
Posted in Renungan, Saat Teduh
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.