Kelahiran Johann Sebastian Bach dan George Frederic Handel

Tahun 1685 Kelahiran Johann Sebastian Bach dan George Frederic Handel

By Sekolah Minggu

Johann Sebastian BachPada tahun yang sama, telah lahir dua komposer Jerman di dua tempat yang berjarak kurang dari dua ratus mil. Meskipun mereka berdua tidak pernah bertemu, tetapi keduanya menciptakan karya terbaik musik abadi yang merupakan karya teragung yang dikenal gereja.

Dengan kelahiran seorang lagi anggota keluarga Bach di Eisenach, tidak seorang pun merasa kaget jika pada satu hari ia akan menjadi seorang komposer, karena keluarga Bach sendiri terdiri dari banyak musisi.

Setelah mendapatkan pelajaran musik dari ayah dan kakaknya pada tahun 1703, Johann Sebastian Bach yang berumur delapan belas tahun itu menjadi seorang violis pada orkestra kapel kerajaan di Weimar. Tetapi ia segera meninggalkan posisi ini dan berganti posisi menjadi organis gereja. Lalu ia menikahi sepupunya, Maria Barbara Bach, seorang penyanyi yang sudah matang. Mereka dianugerahi tujuh orang anak. Setelah istrinya meninggal, ia menikah lagi dengan Anna Magdalena Wulken. Empat orang putranya juga menjadi komposer terkenal.

Bach menciptakan komposisi dalam jumlah yang menakjubkan. Sementara menghidupi dua puluh orang anaknya, ia juga menggubah, memainkan dan mengajar musik. Bagi Bach, menggubah kantata dan musik kebaktian lainnya “adalah pekerjaan satu hari penuh”, karena posisi yang diemban menuntunnya menyediakan musik. Ia telah menciptakan 198 kantata, di samping musik-musik umum. Karyanya yang terkenal antara lain St. Matthew Passion, Brandenburg Concerto Christmas Oratorio dan Well- Tempered Clavier.

Bach adalah Lutheran sejati dan pada setiap karyanya – sekular dan rohani – ia mencantumkan “In Praise of the Almighty’s Will” (“Dengan Pujian Kehendak Yang Mahakuasa”) dan “To God Alone Be the Glory” (“Kemuliaan Hanyalah Bagi Allah”). Sang musikus ini juga temperamental orangnya. Ini yang selalu membawanya dalam kesulitan ketika berhubungan dengan atasannya. Ia juga sangat membanggakan kebolehannya sendiri.

Bach pernah tinggal di pelbagai tempat di Jerman. Bach tidak pernah mencapai kemajuan di belahan dunia lainnya, hingga Felix Mendelssohn menemukan dan mempopulerkan kembali karya-karyanya.

Handel dalam beberapa hal mirip dengan orang sezamannya – dan dalam beberapa hal sangat beda. Ia berasal dari kota Halle, tempat ayahnya menjadi dokter. Ketika ayahnya melarang George belajar musik, legenda, mengatakan, pada malam hari ia diam-diam pergi ke kamar di bawah atap untuk berlatih dengan organ kecil. Meskipun ayahnya menginginkan George menjadi seorang pengacara, pada akhirnya ia membiarkan putranya belajar dengan seorang organis lokal. Istana Berlin memberi kesempatan kepada George untuk meneruskan pendidikan musiknya, namun ditolak ayahnya. Tetapi pada akhirnya ia tidak dapat menghentikan putranya. Setelah setahun belajar hukum, George meninggalkan studinya dan menjadi seorang violis pada orkestra istana. Ia juga mulai menulis opera dalam bahasa Italia.

Seperti Bach, Handel pun merupakan seorang komposer yang kreatif, namun karya musiknya paling awal bersifat sekular. Oratorium suci bukanlah minat utamanya – seperti opera dan karya instrumentalnya. Untuk membuat perusahaan-perusahaan opera selalu gembira, ia harus senantiasa menyuguhkan bahan-bahan baru. Para pengunjung menginginkan hiburan baru setiap musim, dan komposer yang sukses harus senantiasa mengadakan pertunjukan.

Bagaimana instrumentalis pencinta opera ini sampai menulis Messiah? Ketika diundang ke London untuk menulis sebuah opera, komposer Jerman ini memutuskan untuk berdiam di sana. Opera Italia mulai menurun. Perusahaan-perusahaan opera membangkitkan marahnya dan tidak lama kemudian Handel mulai menulis oratorium: Messiah, yang pertama dinyanyikan pada tahun 1742 di Dublin, Israel in Egypt, Deborah, Saul, Judas Maccabaeus, Solomon, Samson dan yang lainnya.

Ketika penguasa Hanover, negara bagian Jerman menjadi raja Inggris, keadaannya agak merisaukan Handel. Penjelasan apa yang dapat diberikan kepada majikan lamanya tentang mengapa ia pindah ke negeri orang? Menurut legenda, ia menulis Water Music untuk menenangkan raja tersebut. Hal itu merupakan manuver yang sukses.

Handel berasal dari keluarga Pietis Jerman yang mengingatkan dia tentang pentingnya kehidupan Kristen yang praktis, seperti halnya perasaan iman. Banyak orang yang telah mendengar Messiah mengalami iman serupa.

sumber : http://www.sarapanpagi.org/100-peristiwa-penting-dalam-sejarah-kristen-vt1555.html

 

Posted in Tokoh Kristen
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

1,254 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.